Skip to content

Mau Punya Dapur Mewah? Yuk Ikuti Tips Design Scandinavian!

Written by

author

Konsep dasar dapur mewah Scandinavian adalah desain eklektik dan bergaya minimalis keren dengan elemen kehangatan yang kuat.

Palet warna yang didominasi warna putih merupakan elemen kunvi untuk mencapai tampilan Scandinavian di dapur rumah mewah kalian.

Namun, bagaimana jika kalian ingin menerapkan tampilan ini ke dapur, ruang kerja, dan ruangan lainnya yang lebih rumit?

 

Dapur Mewah Dengan Design Scandinavian

Menggunakan warna putih akan dengan cepat menyulap ruangan kalian menjadi dapur cantik mewah yang lebih cerah, lebih terang, dan lebih canggih.

Bahkan, jika kalian menyukai dapur klasik, tradisional, elektronik, retro, mid century, hingga modern, kalian tak salah pilih dengan memadukan desain dari Eropa Utara ini.

Artinya, dapur kalian harus menjadi ruangan yang fungsional, nyaman, dan menyenangkan. Bagi kalian yang ingin merombak atau hanya menambahkan sedikit sentuhan Scandinavian pada dapur rumah mewah kalian, berikut ini ada beberapa prinsip yang harus kalian ingat.

 

1.Gunakan Tema Yang Sama

Di rumah mewah bergaya Scandinavian, semua ruang tentunya memiliki tema keseluruhan yang sama. Karena itulah, dapur juga tentu memiliki tema yang sama seperti ruangan lainnya.

Demikian juga dengan pemilihan warna, material, dekorasi, dan aspek desain lainnya yang telah digunakan di semua ruangan lainnya yang akan digunakan.

Warna putih menjadi cat dasar tema ini. Warna lain yang digunakan untuk memberi kontras yang bagus adalah hitam dan coklat dari lantai kayu.

Kalian juga bisa menambahkan finishing lantai beton, rak bangku kayu ringan, serta lampu ide putih dan hitam untuk menambahkan kesan industrian Scandinavian.

 

2.Patuhi Aturan Putih

Jika kalian ingin mendesain dapur cantik mewah bergaya Scandinavian, aturan yang harus kalian lakukan adalah pilihlah warna putih untuk dinding dan semua furniture serta dekorasinya.

Gunakan skema warna yang lebih terang yang akan memaksimalkan lebih banyak cahaya yang masuk ke dapur dan dipantulkan ke dinding, memberikan ilusi ruang dapur yang lebih lapang.

Dapur rumah mewah Scandinavian umumnya memanfaatkan warna putih, abu-abu, dan hitam. Namun untuk biru muda juga bisa digunakan untuk mencapai tampilan ini.

Ingatlah aturan warna cerah untuk aksen, back splash menyesuaikan warna cabinet, sedangkan ubin dengan desain yang sangat sederhana.

 

3.Bebaskan Cahaya Alami

Desain dapur mewah Scandinavian memanfaatkan sinar matahari sebanyak mungkin. Jendela tidak terhalang oleh tirai, blind, atau tabir yang rumit untuk membiarkan cahaya alami sebanyak mungkin.

Selain itu, ruangan yang paling dekat dengan jendela dianggap titik focus dalam hal penempatan furniture.

Namun, jika tidak memungkinkan pemanfaatan cahaya alami atau kalian memang lebih suka menambahkan pencahayaan buatan, kalian bisa menggunakan lampu gantung di dapur kalian dengan kemewahan tersendiri.

 

4.Pilihlah Lantai Yang Terang dan Praktis

Untuk dapur rumah mewah Scandinavian, lantai kayu merupakan suatu keharusan. Selain jauh lebih praktis, lantai kayu juga merupakan komponen kunci dalam dapur bergaya Scandinavian.

Namun, bukan berarti aturan ini membatasi penggunaan material lain. Pilihan bagus lainnya adalah ubin keramik atau batu ubin dengan desain simple dan berwarna terang. Keduanya merupakan pilihan yang bersih dan praktis.

 

5.Mix and Match Material Alami

Sesuai dengan prinsip desain Scandinavian yang mengutamakan kedekatan dengan alam, gunakan material kayu secara maksimal dan jangan takut untuk mengeksposnya.

Tambahkan kayu pada lantai, dinding, furniture, bahkan langit-langit untuk menambahkan tekstur serta kehangatan. Gunakan cat putih atau abu-abu terang untuk menonjolkan warna alami dari kayu.

 

Itulah beberapa tips dan prinsip yang harus kalian pegang untuk membuat desain Scandinavian. Semoga artikel ini bermanfaat.

Previous article

Kisah Mistis Jalanan Gunung Cilik Yang Angker

Next article

Interior Ruang Tamu Terfavorit

Join the discussion

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *