Posted on

Membuat sebuah desain interior untuk setiap ruangan yang ada di rumah kita memang membingungkan.

Apalagi untuk rumah minimalis dengan tipe 36. Pasti akan sedikit sulit membuat rumah tampak stylish meski ruangan terbatas.

Namun ternyata, kalian juga bisa loh mendekor rumah tipe 36 agar terlihat lebih luas dan nyaman tanpa harus manghabiskan biaya.

Inspirasi Desain Interior Rumah Minimalis

Rumah minimalis tipe 36 kini menjadi tempat hunian idaman masyarakat Indonesia, huniannya memiliki luas bangunan 36 m² persegi dengan luas tanah yang variatif, yakni 60 m², 72 m², hingga 120 m².

Umumnya tipe ini memiliki 2 kamar tidur, satu kamar mandi, dapur, dan ruang tamu yang juga bisa berfungsi sebagai ruang keluarga.

Ada juga taman kecil di depan dan belakang rumah yang memberi nuansa segar pada rumah berukuran kecil ini.

Berikut ini ada beberapa inspirasi desain interior pada setiap ruangan di rumah minimalis tipe 36. Yuk simak.

1.Kamar Tidur Utama

Ukuran kamar tidur utama biasanya lebih luas, yaitu 3 x 3 meter. Agar Nampak lebih lapang, gunakan warrna cerah seperti putih atau biru muda pada bagian dinding.

Untuk menatanya, pilih Kasur besar dengan penyimpanan bawah ranjang. Gunakan juga rak dinding karena rak seperti ini lebih hemat ruang dibandingkan rak biasa atau lemari besar.

Tambahkan juga meja kecil di sisi ranjang atau lampu tidur untuk mengatasi kesan kosong. Jika kalian butuh banyak ruangan untuk menyimpan barang, buatlah lemari tinggi yang menyambung di sisi kanan dan kiri Kasur.

Kalian juga bisa menggantung cermin besar di dinding untuk menciptakan ilusi ruang.

2.Kamar Tidur Anak

Kamar kedua biasanya digunakan sebagai kamar tidur anak. Karena ukurannya cenderung lebih kecil dari kamar tidur utama, yaitu 3×2.5 atau 3×2 meter.

Biasanya anak-anak menyukai nuansa kamar yang colourful, karena itu kalian bisa menggunakan warna abu-abu muda sebagai warna utama dinding.

Warna ini dapat bekerja sama dengan baik jika dikombinasikan dengan dekorasi yang lebih berwarna. Selain itu, gunakan furniture multifungsi.

Seperti rak-rak yang menyatu dengan Kasur, atau lemari besar yang didesain menempel dengan meja belajar. Sehingga seluruh kebutuhan anak bisa masuk ke dalam kamar tanpa membuat ruangan terasa sempit.

Bila di rumah ada dua orang anak, gunakan ranjang tingkat sebagai solusi

3.Kamar Mandi

Kamar mandi rumah ini berukuran sangat kecil. Penataan furniture harus dipikirkan dengan sangat baik agar nyaman saat digunakan.

Gunakan warna-warna yang senada dan netral untuk meminimalisir kesan penuh. Beri sekat kaca pada bagian shower agar pandangan tidak terhalang.

Lalu, letakkan kaca atau tanaman agar suasana kamar mandi lebih segar. Desain kamar mandi yang rapid an indah akan memberi kesan positif pada tamu yang berkunjung.

4.Dapur

Beberapa konsep rumah tipe 36 menyatukan dapur dan ruang tamu/keluarga. Tidak ada sekat tembok yang membatasi antar ruangan, sehingga rumah terasa luas. Namun ada pula yang menyediakan sudut kecil tersendiri sebagai lokasi dapur.

Bila dapur terpisah, pilihlah penggunaan warna dari furniture atau deretan cabinet dengan warna sepadam.

Kalian bisa menggunakan urniture dapur berbahan kayu atau stainless agar mudah dibersihkan. Sehingga dapur rumah selalu terjaga kebersihan, kerapian, dan kenyamanannya.

Agar tidak terlihat pucat, tempatkan pot dengan tanaman hidup di pojok ruangan. Bisa juga tempelkan tegel motif warna-warni di dinding atas kompor.

Itulah beberapa tips untuk membuat rumah minimalis kalian menjadi lebih cantic dan rapi dipandang mata. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *