Skip to content

Manfaat Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi

Written by

author

Kehadrian beragam teknologi komunikasi dan informasi yang kita gunakan saat ini bukanlah hasul kerja semalam namun hasil selama berabad-abad lamanya.

Melalui sejarahnya, bisa kita lihat bahwa perkembangan teknologi komunikasi dan inforjmasi dari waktu ke waktu berjalan dengan sangat cepat.

Dulunya proses penyebarluasan informasi kepada khalayak luas dilakukan secara tradisional atau menggunakan teknologi tradisional.

Namun, di era sekarang proses penyebarluasan informasi dapat dilakukan melalui tekbnologi baru yang jauh lebih canggih.

Informasi juga bisa dikirimkan dalam berbagai macam bentuk seperti teks dan gambar atau melalui berbagai peralatan modern lainnya.

Manfaat Teknologi Informasi Dalam Kehidupan Manusia

Teknologi komunikasi dan informasi merupakan teknologi yang dibutuhkan untuk mengolah informasi menggunakan komputer elektronik, perangkat komunikasi, dan aplikasi perangkat lunak untuk mengkonversi, menyimpan, melindungi, dan memanggil kembali informasi kapanpun dimanapun.

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang sangat cepat ini tentunya memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan manusia.

Berbagai bidang kehidupan manusia kini mulai menerapkan berbagai perangkat berteknologi baru untuk memudahkan komunikasi dan pekerjaan.

1.Berkomunikasi Menjadi Lebih Mudah dan Cepat

Kehadiran teknologi komunikasi dan informasi yang baru telah menimbulkan revolusi komunikasi di seluruh dunia.

Dulu, butuh waktu yang sangat lama untuk memperoleh atau mengirimkan pesan kepada orang lain. Kini, komunikasi dapat dilakukan dengan sangat mudah dan cepat berkat adanya internet.

Melalui internet, kita dapat berkomunikasi melalui surat elektronik, konferensi video, dan lai-lain secara cepat sehingga menghemat waktu dan biaya.

2.Memudahkan Akses Informasi

Kehadiran internet juga memberikan kita kemudahan untuk mengakses informasi. Kini kita bisa dengan mudah mengakss dan memperoleh jenis informasi maupun jenis berita kapan pun dan dimana pun.

Kemuudahan mengakses informasi memberi dampak pada semakin meningkatnya pengetahuan yang kita miliki.

3.Mempersingkat Waktu dan Memangkas Biaya

Dalam dunia industry, waktu dan biaya sangat penting dalam produksi. Sebgelum adanya teknologi komunikasi dan informasi, produksi dilakukan secara manual serta membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit karena sepenuhnya bergantung pada manusia.

Setelah adanya kehadiran teknologi komunikasi dan informasi, produksi dapat dilakukan setiap hari, cepat, dan hemat biaya.

4.Proses Perdagangan Dilakukan Secara Elektronik

Dalam dunia bisnis, perdagangan adalah kegiatan pertukaran, pembelian, dan penjualan berbagai macam komoditas kepada sejumlah besar orang yang melibatkan pergerakan dari satu tempat k tempat lain.

Sebelum adanya teknologi komunikasi dan informasi, perdagangan dilakukan secara barter atau bertukar barang.

Sistem perdagangan barter ini kemudian berganti menjadi sistem pembayaran seiring ditemukannya alat pembayaran.

Proses jual beli pun dilakukan dengan menggunakan alat pembayaran yang sah. Sistem semacam ini membuat proses perdagangan berjalan dengan sangat lambat dan berbiaya mahal.

Tak jarang juga para pemasar harus mencari cara untuk memasarkan produknya ke pasar global. Seiring perkembangan teknologi, perdagangan kini bisa dilakukan secara elektronik atau e-commerce.

E-commerce memegang peran penting dalam ekonomi karena didalamnya terkandung proses perdagangan yang memungkinkan konsumen untuk mencari dan membeli produk secara online.

5.Transaksi Secara Online

Proses transaksi juga kini bisa dilakukan secara online. Hal ini bisa kita temui dalam sistem perbankan. Sebelum berkembangnya teknologi, sistem perbankan dilakukan secara manual dengan cara mengambil deposit langsung.

Selain itu, transaksi juga hanya dapat dilakukan delama jam kerja dan hari kerja. Namun, kehadiran teknologi komunikasi dan informasi telah mengubah sistem perbankan menjadi lebih maju.

Kini, proses transaksi bisa dilakukan selama 24 jam kapan pun dan dimana pun. Berbagai layanan perbankan secara daring juga kini banyak ditawarkan seperti layanan daring, dan lain-lain.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita rasakan dalam kehidupan kita melalui perkembangan teknologi. Semoga bermanfaat.

Previous article

Cerita Mistis Di Balik Kampus Reformasi

Next article

5 Stasiun Dengan Kisah Horror Di Baliknya

Join the discussion

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *