Skip to content

MENGUJI KEBERANIAN DENGAN MEMBACA MITOS – MITOS YANG MENYELIMUTI DANAU TOBA!

Written by

author

Objek wisata yang sudah ada sejak lama ini masih menjadi tempat yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Danau yang mempunya keindahan alam yang indah ini, pantas untuk didatangi karena bisa memberikan ketenangan untuk orang yang menikmatinya. Belum lagi alamnya yang indah, disertai dengan kicauan burung dan langit yang berwarna biru memberikan rasa tenang dan sejuk kepada diri sendiri. Danau yang berada di daerah Sumatera Utara ini, sudah menjadi objek wisata yang bersejarah. Selain itu terdapat beberapa mitos yang menyelimuti keindahan dari danau toba ini. Mungkin beberapa dari mitos ini sudah pernah kamu dengar sebelumnya, dari orang tua atau kakek dan nenek kamu.

Memang sudah tidak aneh lagi bila mendengar mitos yang beredar, karena danau ini sangat populer dan sudah melalui berbagai macam era dan zaman. Menjadi danau terbesar di Indonesia dengan lebar 30 kilometer dan panjangnya yang mencapai 100 kilometer ini, sudah menjadi bukti bahwa danau ini sangatlah luas. Belum lagi danau ini masuk ke dalam danau vulkanik terbesar yang ada di dunia. Sehingga danau ini sangatlah populer yang tidak hanya di Indonesia, tapi hingga ke mancanegara. Ketika kamu berkunjung kesini tidak hanya akan disuguhi dengan pemandangan dari danau tobanya, tetapi ada pemandian air hangat yang dapat kamu nikmati. Namun apakah kamu berani bila mengetahui mitos – mitos tentang danau toba? Masihkah kamu akan berkunjung? Simak ulasannya berikut ini.

1.Sosok Penunggu Gubuk

Sosok Penunggu Gubuk

Disetiap tempat memang sudah tidak asing lagi dengan sosok penunggu yang diam disebuah tempat. Apalagi danau toba ini merupakan objek wisata yang sangat legendaris dan juga bersejarah, sehingga tidak diragukan lagi bila sosok penunggunya pun bukan orang yang dahulunya itu sembarang. Biasanya orang tersebut dahulu mempunyai pengaruh, karena memang ternyata gubuk ini pernah disinggahi oleh presiden pertama di Indonesia yatiu Bung Karno.

Diasingkan oleh Belanda dalam waktu 22 hari saat itu tahun 1948. Gubuk reyot tersebut, sekarang sudah dibenahi dan di alih fungsikan menjadi wisma yang megah. Digunakan untuk menyambut tamu kehormatan Pemprov Sumatera Utara.  Konon, warga sering mendengar langkah kaki yang berasal dari ruangan yang digunakan oleh Bung Karno. Dan ada juga yang diganggu oleh Mahluk tidak kasat mata.

2.Mengucapkan Santabi Oppung

Mengucapkan Santabi Oppung

Saat akan tiba ke danau toba, kamu alan melalui jalanan yang berliku juga lembah – lembah dengan pemandangan alam yang indah. Tetapi katanya di area tersebut terdapat gua yang memiliki sebuah misteri. Misteri tersebut adalah kendaraan yang melalui bagian depan dari gua tersebut, mesin kendaraannya akan mati tiba – tiba. Kepercayaan dari masyarakat bila terjadi hal yang demikian, harus mengucapkan Santabi Oppung dalam bahasa Medan artinya permisi.

Tetapi ini kembali lagi kepada kepercayaan dari masing – masing orang yang melintas kesini. Karena ini menjadi misteri yang terkenal di masyarakat Sibolga – Tapteng.

3.Sosok Begu Ganjang Pencabut Nyawa

Sosok Begu Ganjang Pencabut Nyawa

Dari panggilannya saja sudah membuat bulu kuduk merinding. Ternyata mahluk ini sudah menjadi buah bibir etnis Batak Toba. Begu Ganjang ini digambarkan seperti hantu panjang yang berambut panjang. Mengapa disebut pencabut nyawa? Katanya, oran g yang melihat sosok ini akan dicekik. Selain itu misteri lainnya, bila sosok ini ada dilingkungan kita maka tiba – tiba ada orang sakit juga meninggal dengan misterius.

Itulah misteri yang menyelimuti danau toba, masih beranikah kamu untuk berkunjung kesana?

Previous article

MEMILIKI LAPTOP CANGGIH DAN PREMIUM? INI DIA PILIHANNYA UNTUK KAMU

Next article

MENCARI INSPIRASI DESAIN KAMAR MANDI MINIMALIS YANG KEREN, INI DIA PILIHANNYA!

Join the discussion

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *