Skip to content

INI DIA MITOS YANG MENYELIMUTI NYI RORO KIDUL SI PENGUASA LAUT SELATAN

Written by

author

Siapa yang tidak tahu dengan ratu penguasa laut selatan yang terkenal dengan cerita – ceritanya, yang sudah kamu dengarkan dari mulut ke mulut tanpa tahu kebenarannya benar atau tidak. Karena memang untuk ceritanya yang berkembang di masyarakat tersebut, kembali lagi kepada kepercayaan dari masing – masing individu. Tidak sedikit kecelakaan atau tragedi yang terjadi di pantai selatan itu dikaitkan dan dihubung – hubungkan dengan nyi roro kidul. Meskipun mereka yang mengatakannya itu masih belum bisa memberikan bukti dengan jelas. Tetapi memang ini sudah menjadi cerita rakyat yang terkenal dengan kisah mistis yang menyelimutinya. Meskipun itu menjadi mitos saja, karena tidak adanya bukti yang kuat. Tetapi orang – orang tidak sedikit yang percaya dengan hal tersebut.

Cerita – cerita ini terkenal di kalangan warga Bali dan juga Pulau Jawa, sebab dia menjadi penunggu dari Samudera Hindia. Nyi Roro Kidul ini digambarkan sebagai seorang aratu yang memiliki paras cantik. Cerita ini tersebar sudah dari zaman Kerajaan Mataram Islam yang dimana itu berada di abad ke 16. Tetapi peneliti dari atropologi dan kultur warga Jawa serta Sunda yang lebih memberatkan ini pada legenda Ratu Laut Selatan Jawa. Keganasan dan kedahsyatan yang diberikan oleh ombak Pantai Selatan ini, membuat orang berasumsi dan mengaitkannya dengan alam spiritual dewata yang menjadi penunggu dari Laut Selatan. Ini dia mitos yang menyelimuti Nyi Roro Kidul.

1.Nyi Roro Kidul Pernah Hidup pada Abad ke 13

Nyi Roro Kidul Pernah Hidup pada Abad ke 13

Memang cerita yang sudah beredar di masyarakat ini tidak berasa dari satu sumber dan tidak memiliki satu versi cerita saja. Sebab terdapat beberapa versi yang ada dan orang sebarkan, salah satunya adalah jati diri dari Nyi Roro Kidul. Sebagian orang ada yang mengatakan bahwa dia adalah keturunan dari Raja Airlangga, juga bahkan ada yang mengatakan bahwa dia adalah keturunan dari Raja Kediri Jayabaya.

Tetapi dari sekian banyak versi yang ada dari jati diri sang ratu, orang – orang banyak yang mempercayai bahwa dia adalah puteri dari Kerajaan Pakuan Pajajaran. Memiliki ayah yang bernama Raja Prabu Siliwangi ini, Putri Kandita memiliki para yang cantik dan sifatnya yang bijaksana. Karena ada suatu permasalahan, yang membuatnya harus terbuang dari istana dan dia memilih untuk tinggal di Pantai Selatan.

2.Dinikahi oleh Raja – raja Jawa

Dinikahi oleh Raja – raja Jawa

Sang ratu ini hanya dapat dinikahi atau dipinang oleh Raja – raja yang berada di tanah jawa saja. Ini dikarenakan wangsit  yang diberikan oleh Sindhula bahwa cucunya itu hanya bisa di nikahi oleh raja – raja yang ada di tanah jawa waja. Karena dia harus terjaga kesucian dari dirinya sendiri. Sebab saat dia masih bayi, katanya dia ini sudah bisa berbicara dengan lancar seperti orang dewasa, dia berbicara bahwa dia akan menjadi pemimpin gaib tanah jawa. Lalu dia kan berdiam di kawasan pantai Selatan.

Sehingga itulah yang menjadikannya hanya dapat di nikahi oleh raja – raja yang berasal dari tanah jawa saja.

3.Menguasai Seluruh Pesisir Selatan Jawa

Menguasai Seluruh Pesisir Selatan Jawa

Menjadi seorang ratu, tentu dia memiliki kuasa yang besar terhadap wilayah kekuasaannya. Dia dipercaya menjadi penguasa dari Pantai Selatan, tetapi yang banyak di percaya adalah Pantai Parangkusumo serta Pantai Pelabuhan Ratu Jawa Barat.

Konon katanya kedua pantai ini memiliki beberapa sejarah yang memang kental dengan Nyi Roro Kidul. Salah satunya adalah di pantai Pelabuhan Ratu, terdapat mahluk gaib yang memperlihatkan dirinya sedang menggunakan kereta kencana.

Itulah mitos –  mitos tentang Nyi Roro Kidul yang beredar, mana yang sudah kamu dengar?

Previous article

MENCARI INSPIRASI DESAIN KAMAR MANDI MINIMALIS YANG KEREN, INI DIA PILIHANNYA!

Next article

MENCARI INSPIRASI UNTUK KAMAR TIDUR ANAK PEREMPUAN? INI DIA DESAIN KAMAR TERBAIK

Join the discussion

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *