Skip to content

INI DIA PERJALANAN HANDPHONE DARI 0G HINGGA KE 4G

Written by

author

Rasanya di zaman sekarang ini sudah tidak bisa jauh – jauh dari yang namanya handphone. Teknologi satu ini menjadi favorit juga kebutuhan orang – orang diera sekarang. Sudah menempel di tangan sepertinya, karena jika tidak memegangnya dalam waktu yang lama seperti ada yang kurang. Konotasi lebaynya mungkin, tangan rasanya sudah gatal sendiri jika tidak memainkan handphone. Padahal banyak yang bisa dilakukan tanpa harus menggunakan handphone, tapi karena sudah menjadi suatu kebiasaan yang membuat kamu terbiasa dengan keberadaan dari handphone ini. Sambil makan pun bahkan bisa sambil memainkan handphone, benar – benar kebiasaan yang buruk dan sulit untuk dihindari.

Handphone sudah ada sejak lama, tentunya bentukan dan fitur yang berada didalamnya belum secanggih diera sekarang. Semakin kesini bentukan dari handphone itu semakin tipis juga kecil, memudahkan penggunanya untuk bisa membawanya dan tidak menyimpan banyak tempat saat sedang menyimpannya. Untuk soal fitur benar – benar jauh sekali perkembangannya, sekarang sebagian dari aktivitas dan kebutuhan yang diperlukan sehari – hari bisa dilakukan dengan menggunakan handphone. Dari mulai mengirim pesan, mengerjakan tugas, membayar pun sekarang sudah bisa dengan melalui handphone. Sudah banyak sekali fitur dan aplikasi yang menunjang dengan menggunakan teknologi yang kecil ini. Permintaan yang besar dari para konsumen akan kebutuhannya dengan handphone, membuat para produsen handphone banyak yang melahirkan handphone dengan kecanggihan yang terus berkembang. Menjadikan hal tersebut sebagai ciri khas dari produknya, tentu ini menjadi daya tarik bagi para konsumen untuk membeli handphone dengan merk tersebut. Tengok langsung perjalanan handphone sejak mulai 0G hingga 4G.

1.Handie – Talkie SCR536 (Generasi 0)

 

Menjadi telepon genggam pertama yang pernah tercipta di dunia ini. Bagaimana tidak? ini ditemukan dan dipakai saat sedang berlangsungnya perang dunia yang ke 2, tepatnya pada tahun  1940. Diproduksi oleh telekomunikasi Galvin Manufactory Corporation, untuk sekarang lebih dikenal dengan nama Motorola. Pasti kenal bukan dengan merk handphone Motorola, dia menjadi perusahaan yang memproduksi telepon genggam saat itu. Sebutan untuk telepon genggam yang pertama ini diluncurkan ini adalah generasi 0 atau bisa juga disebut dengan 0G.

Dengan menggunakan jaringan radio VHF, yang pastinya ini hanya bisa digunakan untuk berkomunikasi suara saja. Tentunya banyak sekali keterbatasan yang dimiliki oleh telepon genggam ini.

2.Generasi 1 (1G)

Siap – siap saja kamu merasakan pegal saat memegang handphone ini dalam waktu yang lama, karena beratnya mencapai 800 gram sama dengan 30 ons. Jangan harap kamu bisa menggunakan handphone ini dalam jarak yang berjauhan, karena masih bersifat regional jadi hanya pada jangkauan yang terbatas.

Diluncurkan tahun 1973 dengan sistem analog yang menggunakan frekuensi 825 Mhz hingga 894 Mhz.

3.Generasi 2 (2G)

Ini sudah masuk kedalam jaringan GSM yang dimulai di Eropa. Untuk US masih menggunakan CDMA. Tetapi sinyal yang dihasilka dari yang sebelumnya ini sudah lumayan bagus, selain itu sudah bisa melakukan SMS, juga panggilan tunggu. Memberikan kemajuan yang baik pada tahun 1990 ini.

4.Generasi 3 (3G)

Sudah jauh lebih maju dari yang sebelumnya, karena banyak fitur yang ditambahkan. Membuat para pengguna lebih dipermudah dalam melakukan komunikasi dengan berbagi fitur yang bermacam – macam. Digenerasi ini bisa disamakan kegunaannya dengan PC.

5.Generasi 4 (4G)

Kecepatan yang bisa diberikan sampai  100Mb perdetik. Kualitasnya yang premium serta diberikan perlindungan tingkat tinggi. Banyak sekali kemajuan dalam segi kualitas disini, dari mulai jangkaun global, volume tinggi dan masih banyak yang lainnya.

Itulah perjalan handphone dari 0G sampai 4G, yang banyak sekali memberikan kemajuan yang canggih.

Previous article

Interior Ruang Tamu Terfavorit

Next article

MITOS YANG MENYELIMUTI LUBANG BUAYA YANG DIPENUHI DENGAN MISTERI

Join the discussion

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *