Skip to content

Perkembangan Teknologi Informasi Dalam Berbagai Bidang

Written by

author

Perkembangan teknologi informasi saat ini hampir seluruh manusia menggunakannya. Pada kehidupan social maupun politik teknologi tidak pernah bisa lepas dari kehidupan.

Selain itu, ada beragam hal yang sifatnya baru dalam dunia teknologi baik dinamis maupun inovatif merupakan ciri utamanya.

Teknologi informasi mempunyai banyak hal menarik yang bisa kita dapatkan. Seperti misalnya hal-hal baru yang sampai sekarang memiliki banyak peminat.

Perkembangan Teknologi Informasi Zaman Sekarang

Teknologi informasi mempunya cakupan yang sangat luas. Biasanya, jika berhubungan dengan TI, kita akan mengulas mengenai aspek-aspek diluarnya yang kenyataannya memang terhubung satu sama lain.

Contohnya teknologi informasi dan komunikasi yang berkaitan dengan mekanisme menggunakan perangka tertentu untuk mengolah termasuk juga memodifikasi informasi.

Penerapan IT juga dapat teridentifikasi pada bidang lain yang sangat dibutuhkan untuk efektivitas penyampaian informasi itu sendiri.

Bidang-bidang yang telag mengaplikasikan teknologi informasi atau IT adalah:

1.Bidang Pendidikan

Pengaplikasian IT dalam sektor pendidikan dapat di identifikasi dengan adanya E-Learning, yaitu semacam sistem pembelajaran online lewat internet.

Dengan fasilitas ini memungkinkan bagi para pengajar dan siswa untuk tetap berinteraksi tanpa harus bertatap-muka untuk aktifitas tertentu seperti mengirim tugas serta materi.

2.Bidang Bisnis

Teknologi informasi (IT) juga telah diadopsi pada sektor bisnis dengan produknya berupa E-Commerce. Keberadaan E-Commerce mampu memfasilitasi para pelaku bisnis dalam melakukan kegiatan perniagaan secara online di internet.

Semua aktifitas perdagangan seperti promosi, transakasi jual-beli dapat terakomodir dengan baik dan efektif.

3.Bidang Perbankan

Penerapan IT dalam dunia perbankan bisa dilihat dari transaksi perbankan secara online di internet atau yang lebih dikenal dengan internet banking.

Dengan fasilitas ini, kalian bisa melakukan aktifitas tertentu yang berhubungan dengan bank, seperti cek saldo, transfer uang, dan lain-lain.

Perangkat yang bersangkutan hanya perlu terhubung ke internet dan telah melakukan aktivasi internet banking di bank yang mereka punya.

4.Bidang Pemerintahan

E-government mengacu pada penggunaan teknologi informasi oleh pemerintahan, seperti menggunakan intranet dan internet, yang mempunyai kemampuan menghubungkan keperluan penduduk, bisnis, dan kegiatan lainnya.

Pada intinya e-government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain.

5.Bidang Kesehatan

Manfaat teknologi informasi juga sangat berjasa dalam perbaikan manajemen di klinik atau rumah sakit. Dulu, pencatatan riwayat kesehatan pasien hanya ditulis dalam sebuah berkas, sekarang pencatatan juga dilakukan dan diarsipkan di komputer.

Hal ini akan sangat memudahkan petugas untuk mengetahui rekam medis pasien dengan cepat. Rekam medis berbasis komputer ini meliputi data klinis pasien dari hasil pemeriksaan dokter ataupun hasil laboratorium.

6.Bidang Telekomunikasi

Saat orang-orang mulai mengenal surat menyurat, informasi yang didapat mungkin akurat akan tetapi membutuhkan waktu yang lama dalam penyampaiannya. Selanjutnya penemuan telegraf lalu telepon menjadi cikal bakal majunya teknologi informasi.

Kamu bisa melakukan komunikasi jarak jauh dengan mudah dan cepat bahkan sampai ke mancanegara. Hingga sekarang kamu sudah bisa merasakan kemudahan dalam berkomunikasi melalui media sosial yang ada di smartphone ke semua orang yang ada di seluruh dunia.

Itulah peran Teknologi Informasi atau yang lebih kita kenal dengan nama IT Di berbagai bidang di lingkungn kita.

Dari semua bidang, pastinya kalian sudah pernah menggunakan salah satu atau salah dua dari mereka. Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga teknologi bisa lebih berkembang lagi dan lebih maju lagi.

Previous article

Kisah Hilangnya Pendaki di Gunung Lawu

Next article

Cerita Mistis Di Balik Kampus Reformasi

Join the discussion

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *