Skip to content

Perkembangan Teknologi Informasi Yang Sering Kita Gunakan Sehari-Hari

Written by

author

Sebagian besar masyarakat saat ini pasti memiliki ponsel atau biasa disebut HP. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga lansia sekalipun.

Bahkan, sebagian orang menjadikan ponsel sebagai kebutuhan utama sama hal nya dengan kebutuhan sandang, pangan, dan papan.

Perkembangan Teknologi Informasi Dari Masa Ke Masa

Namun, tahukah kamu apa yang dilakukan orang pada zaman dahulu sebelum terciptanya teknologi apalagi HP? Nah, untuk kalian yang penasaran, yuk simak ringkasannya di bawah ini.

1.Cahaya, Bunyi, dan Asap

Di masa purba, masyarakat melakukan komunikasi jarak jauh dengan cara yang sangat primitive. Manusia menggunakan asap, bunyi-bunyian, dan cahaya api untuk menyampaikan pesan.

Ini juga digunakan oleh peradaban China Kuno dan Indian di benua Amerika. Di Indonesia sendiri, masyarakat di desa dan kampong masih menggunakan kentongan dan lesung sebagai penanda.

Namun sekarang, sinyal menggunakan asap masih digunakan di Vatikan sebagai symbol penunjukan Paus Baru. Sementara sinar cahaya, dimanfaatkan di jalan dengan bentuk lampu lalu lintas.

2.Surat

Setelah mengenal tulisan dan kertas, surat mulai digunakan. Dulu, mereka melatih merpati untuk mengantar surat.

Saat perang, kertas bisa dimasukkan ke wadah besi yang diikatkan di kaki merpati kemudian diterbangkan ke lokasi yang dituju.

Angkatan laut Inggris pada zamannya juga biasa mengirim surat menggunakan botol yang dihanyutkan agar sampai ke darat. Lama kelamaan, surat dikirimkan lewat sistem pos.

3.Telegram

Pada 1837, kawat dan listrik dirangkai untuk mampu menjadi pesawat pengirim pesan. Teknologi ini dinamakan telegram.

Mesin telegraf mampu mengirimkan berita atau pesan yang disebut Telegram. Telegram berisi pesan singkat dari serangkaian kode untuk huruf yang biasa dikenal dengan kode Morse, sesuai nama penemunya, Samuel Morse.

4.Telepon

Pada 1876, Alexander Graham Bell menemukan telepon. Telepon mamu menghantarkan suara dari satu telepon ke telepon lainnya.

Dulunya, telepon masih berbentuk menggunakan kawat. Lama kelamaan, telepon menggunakan sinyal satelit, bahkan kini ponsel tak lagi membutuhkan sambungan kabel.

5.Radio

Radio ditemukan pertama kali oleh Marconi pada 1895. Penyiaran radio jarak jauh memanfaatkan stasiun penghubung (relay).

Radio awalnya menggunakan listrik. Namun setelah ditemukan transistor, radio dapat menggunakan baterai.

Di Indonesia, radio sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda dan Jepang. Setelah merdeka, ada radio Republik Indonesia (RRI) yang dimiliki negara.

Lambat laun, berkembang juga radio swasta. Beberapa radio swasta Indonesia yang bertahan hingga saat ini seperti Prambors, Elshinta, dan Sonora.

6.Koran dan Majalah

Selain radio, media komunikasi massa yang paling tua adalah koran atau surat kabar. Sejarah mencatat, koran pertama di dunia, Acta Diurna, terbit di kekaisaran Romawi pada tahun 59 sebelum masehi.

Sedangkan di Indonesia, Medan Prijaji yan terbit di Bandun pada Januari 1907 hingga Januari 1912 diakui sebagai surat kabar nasional pertama.

Sementara majalah terbit berkala. Media cetak lalu mencapai puncaknya pada 1990 an hingga 2000 an awal.

7.Televisi

Televisi atau TV dikembangkan sejak akhir abad ke-19. Namun TV baru popular di pertengahan abad ke-20. Awalnya TV berwarna hitam putih lalu kemudia berwarna.

8.Internet

Seluruh alat dan medua yang disebut sebelumnya kiniberbentuk digital dan bisa diakses lewat internet. TV kini digantikan oleh teknologi streaming. Surat kabar dan majalah digantikan oleh media online.

Sambungan teepon kini bisa menjadi telekonferensi dan menampilkan video. Hari ini, hampir seluruh teknologi komunikasi bisa diakses berkat internet.

Itulah bagaimana perkembangan teknologi komunikasi dari masa ke masa.

Previous article

Desain Toko Kecil Minimalis

Next article

Rekomendasi Desain Interior Restoran Murah

Join the discussion

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *