Posted on

Virtual Reality di zaman sekarang ini semakin modern, terutama di abad ke 21. Pada tahun 2016, ada 230 perusahaan yang mengembangkan produk VR, seperti Facebook, Google, HTC, Sony, dan banyak lainnya.

Awalnya, VR tertuang dalam bentuk karya sebuah lukisan panjang yang menceritakan tentang suasana perang.

Teknologi Yang Digunakan Dalam VR

Saat ini, VR berkembang sangat pesat dengan masuknya perangkat-perangkat VR dengan fitur-fitur canggih seperti Oculus Rift, HTC Vive, Playstation VR, dan merk lainnya.

Perkembangan VR lebih bertujuan untuk meningkatkan keimersifan yang dirasakan oleh user. Namun, VR pada zaman sekarang masih kurang diminati oleh masyarakat karena adanya kekurangan teknis.

Lalu, apa saja sih teknologi VR yang digunakan dalam game? Yuk simak dibawah ini.

1.Sensory-immersion VR

Merupakan perangkat antar muka yang melibatkan secara langsung sensasi indrawi seperti helm VR, sarung tangan, dan rompi VR.

Helm dengan penutup mata memberikan gambaran perspektif yang berbeda tentang benda yang dilihat.

Begitu kepala digerakkan, gambar tersebut akan bergerak demikian cepat berubah sehingga kita merasa seperti membuat perubahan ini dengan gerakan kepala.

Helm VR menggunakan teknin yang disebut sebagai stereoscopy yang menempatkan gambar berbeda pada setiap mata.

Head tracking adalah disaat kita menggunakan VR headset, gambar yang berada tepat pada pandangan selagi kita melihat keatas, kebawah dan melihat ke kiri dan kanan, Sistem tersebut disebut dengan 6DoF (Six degrees of freedom).

2.Projection VR

Dengan proyeksi objek pada layar lebar yang mempresentasikan lingkungan virtual buatan seperti CAVE (Cave Automatic Virtual Environment) atau Responsive Workbench

3.Simulator VR

Simulator VR merupakan buatan fisik yang bertujuan untuk lebih mendekatkan realita lingkungan kepada pengguna.

Pada industry otomotif, umumnya mereka membangun sebuah mock up kabin penumpang lengkap dengan monitor yang berfungsi sebagai kaca depan.

Kaca ini dihubungkan dengan perangkat VR sehingga secara dynamin mock up mampu memberikan efek natural seperti getaran atau goncangan.

4.Desktop VR

Desktop VR menunjukkan proses pemodelan VR lewat layar computer.

Peluang Perkembangan VR

Di masa depan, VR bisa saja menjadi standar penunjuk perkembangan teknologi di dunia. Headset VR akan menjadi wireless dan bisa berjalan tanpa harus didukung oleh computer.

Selain itu juga bisa disinkronkan dengan smartphone sehingga menghasilkan high level graphic pada lensa VR tersebut.

Selain itu, controllernya harus berbentuk seperti pedang dan pistol dalam dunia virtual, harus dibuatkan controller berbeda yang berbentuk seperti pistol.

Maka di masa depan, bentuk controller bisa menjadi multifungsi tanpa harus menyerupai bentuk representasinya.

Misalnya, sebuah controller bisa dirpresentasikan menjadi pistol, pedang, dan benda lainnya di dalam dunia virtual tersebut.

Lalu, tidak diperlukan sebuah HMD dengan ukuran besar untuk menambah keimersifan sebuah perangkat namun hanya dengan alat seminim dan seefisien mungkin serta controller yang bisa saja berupa chip yang dipasang pada user, dapat memberikan kesan fully immersive pada user.

Itulah bagaimana perkembangan teknologi VR pada game yang sering kita temui dimana-mana. Tekonologi ini pastinya akan terus berkembang dan terus berkembang di masa depan.

Kira-kira, akan seperti apa ya teknologi VR nantinya? Apa saja yang bisa kita lihat lewat layar kaca nantinya? Pastinya bakal keren banget ya teknologi VR di masa depan!

Nah, setelah mengetahui hal ini, apakah ada salah satu teknologi yang pernah kalian gunakan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *