Skip to content

PSBB Tahap 2, Yuk Sulap Ruang Kerja Dirumahmu Selama WFH

Written by

author

PSBB tahap 2 akan dimulai sebentar lagi. Artinya, semua orang akan kembali bekerja dari rumah. Masalah utama yang timbul saat bekerja dari rumah ada tak cukupnya ruangan yang memadai untuk bekerja dan berkonsetrasi.

Karena itu, mungkin kita memerlukan ruangan khusus untuk memaksimalkan pekerjaan kita. Salah satu cara untuk mengatasi keterbatasan ruangan di rumah khususnys sebagai ruang kerja adalah dengan menyatukan beberapa ruangan sehingga menjadi kamar dwifungsi / multifungsi.

Yuk Siapkan Ruang Kerja Untuk WFH Dengan Cara Berikut

Daripada hanya dijadikan sebagai area untuk tidur atau beristirahat, kamu juga bisa menyisahkan beberapa space untuk dijadikan area bekerja yang minimalis.

1.Buat Sketsa Kamar Tidur

Sebelum menyulap kamar mu menjadi kamar mulifungsi, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat sketsa kamar tidur.

Sketsa ini akan berguna untuk memperhitungkan perkiraan luas kamar tidur yang akan kamu gunakan. Selain itu juga untuk menentukan konsep dan barang yang diperlukan untuk bekerja.

2.Organisir Barang di Kamar

Coba perhatikan tata letak dan penyusunan barang / furniture di kamar tidur. Jika terlalu sempit, mungkin kamu salah dalam meletakkannya.

Selain itu, kamu juga bisa memaksimalkan penggunaan lemari dan rak secara efektif untuk menyimpan barang-barang yang ada di kamar.

Dengan barang yang terorganisir, maka kamu sudah bisa menghadirkan area ruang bekerja yang minimalis plus terlihat maksimal.

3.Hadirkan Furnitur Simple dan Multifungsi

Misalnya, memilih tempat tidur tingkat multifungsi atau menggunakan kasur lipat sebagai alas tidur. Hal ini akan lebih praktis dan mudah disimpan untuk menghemat ruangan yang sempit.

4.Mengurangi Barang di Kamar

Kamar akan tampak penuh dengan berbagai perlengkapan seperti pakaian, rak buku, dan sebagainya. Bahkan, di antaranya ada yang difasilitasi alat elektronik seperti TV khusus di dalam kamar.

Karena akan ditambahkan ruang bekerja, pastinya akan banyak dokumen dan kebutuhan pekerjaan lainnya. Karena itu kamu harus pintar dalam memilih kebutuhan yang penting untuk pekerjaan.

5.Hadirkan Pencahayaan Yang Masuk ke Kamar

Kamar tidur yang tak disinggahi oleh sinar matahari akan membuat suasana semakin pengap dan sempit. Karena itu, pencahayaan juga menjadi unsur penting dalam kesehatan diri sendiri dan juga dapat menunjang ruang kerja yang menarik di kamar.

Cahaya yang baik adalah cahaya yang natural dari matahari. Pehrhatikan ventilasi dan jendela kamar agar kamu bisa mendapat sinar yang cukup.

6.Memilih Warna Dinding Yang Cocok

Salah satu cara agar tetap bekerja di dalam kamar tidur dengan semangat adalah menggunakan warna favorit sebagai utama di dalam kamar.

Sebaiknya segera ganti cat dinding kamar tidur agar kamu nyaman dengan warnanya. Selain itu, kamu juga harus mengecat ulang jika cat sudah kusam atau mengelupas.

Namun sebaiknya hindari warna gelap karena akan terasa sempit dan membuat suasana bekerja suntuk dan malas.

7.Gunakan Pintu Geser

Pintu geser atau pocket door akan membantu dekorasi kamar tidurmu yang kecil menjadi lebih optimal.

Pintu geser tidak memakan banyak tempat sehingga nyaman dan cocok digunakan. Pilihlah pintu dengan bentuk tinggi dan ramping agar terlihat menarik dan leluasa.

8.Gunakan Ornamen Hiasan Pendukung

Selain pencahayaan, warna dan pintu geser juga bisa melengkapi beberapa dekorasi lain. Namun kamu perlu memperhatikan baik baik. Jangan sampai dekorasi tersebut malah membuat suasana kamar tidurmu menjadi semakin sempit.

Kamu bisa menambahkan wallpaper, tanaman hias, cermin kecil, atau alat lainnya yang bisa menunjang mood bekerja nantinya.

Itulah tips untuk merubah kamar tidur yang kecil menjadi kamar bekerja juga. Semoga bermanfaat.

Previous article

Desain Interior Cafe Inspiratif Di Indonesia

Next article

Mau Punya Kamar Mewah? Yuk Ikuti Desain Ini

Join the discussion

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *